Laman

Senin, 12 Maret 2012

contoh laporan kantor pajak

BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang Penulisan Laporan

Dewasa ini segala aspek kehidupan masyarakat akan semakin penuh dengan         kompetitif. Kondisi seperti ini menuntut manusia untuk selalu mengembangkan kemampuan dirinya kualitas dan kwantitas dirinya akan Informasi yang semakin berkembang pesat pada teknologi informasi seperti sekarang ini, informasi sangat menunjang kebutuhan hidup manusia, karena dengan informasi, kita dapat mengetahui yang sedang terjadi saat ini.
Untuk itu hendaknya setiap bangsa memiliki setiap generasi muda yang berkulitas baik pada bidang kemampuan ataupun  ilmu pengetahuan. Agar tetap memiliki generasi yang berkualitas banyak sekolah – sekolah yang didirikan khusus untuk berlatih skill di bidang teknologi, informasi dan komunikasi. Salah satunya adalah SMK Part. Triatma Jaya Badung.
Untuk mengembangkan pengalaman dan melatih pengetahuan siswa, maka setiap sekolah akan mengadakan Praktek Kerja Insdustri (prakteking) / On The job Training. Praktek Kerja Industri sangat penting untuk dilaksanakan agar para siswa maupun siswi mampu menerapkan teori dan membandingkan teori yang di berkian di sekolah dengan keadaan sebenarnya di dunia industri.



1.2    Tujuan dan Manfaat Penulisan Laporan

         Adapun tujuan dari penulisan laporan ini adalah :
1.    Sebagai bahan pertanggung jawaban praktek Kerja Industri.
2.    Sebagai penerpan ilmu perbandingan pengetahuan antara teori yang didapat di sekolah dengan praktek di dunia industry yang sebenarnya.
3.    Merupakan salah satu persayratan untuk menyelesaikan pendidikan pada program SMK jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi di pusat Pendidikan dan Latihan Triatma Jaya.
4.    Sebagai sarana untuk melatih para siswa dalam mengembangkan dan melatih skill yang telah dimilikinya.
Adapun manfaat dari penulisan laporan ini adalah :
1.    Menambah pengetahuan dan pengalaman siswa mengenai kondisi suatu perusahaan/instasi serta mengetahui permasalahan praktis di dunia kerja dan pemechannya.
2.    Mengetahui, mengerti dan memahami penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang didapat selama di sekolah dalam bentuk praktek kerja di perusahaan/instansi.





BAB II
GAMBARAN UMUM KANTOR PAJAK DENPASAR TIMUR


2.1    Sejarah Berdirinya KPP Pratama Denpasar Timur
Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur di bentuk berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 55/PMK.01/2007 tanggal 31 Mei 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direkorat Jendral Pajak sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 132/PMK.01/2006. Adapun wilayah kerja KPP Pratama Denpasar Timur ini  adalah Kecamatan Denpasar Selatan yang terdiri dari 6 Kelurahan dan 4 Desa serta Kecamatan Denpasar Timur yang terdiri dari 4 Kelurahan dan 7 Desa.
Berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pajak Nomor : KEP-158/PJ/UP.53/2008, tentang penerapan organisasi, tata kerja dan saat mulai beroperasinya Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur di bawah Kantor Wilayah DJP Bali.

2.2    Sekapur Sirih Kepala Kantor DJP KPP Pratama Denpasar Timur
Om Swastyastu
Reformasi birokrasi dan moderenisasi perpajakan merupakan upaya Direktorat Jendral Pajak dalam membangun perpajakan nasionalisme yang baik, sehat, kokoh dan kontribusi bagi negara (APBR), dan dilaksanakan dalam kerangka good governance, excellent service dan costomer setislation. Hal tersebut di emplementasikan dengan membentuk Kantor pelayanan pajak moderen di seluruh Indonesia, salah satunya Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur.
Kami percaya, bahwa dengan di terapkan sistem administrasi perpajakn moderen tersebut akan menghadirkan pelayanan yang prima untuk memenuhi kebutuhan wajib pajak yang terdaftar pada kantor kami dan masyarakat pada umumnya.
Untuk mewujudkan hal tersebut, kami berupaya tetap berkomitmen untuk terus berupaya memperbaiki diri, menerima kritik dan saran yang mampu menjadikan kami sebagai institusi pelayanan masyarakat, sebagaimana yang di harapkan oleh masyarakat.
Semua keberhasilan membutuhkan tekad dan kerja keras, dan kami sangat bertrima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan penerapan sistem administrasi modern di kantor kami.
Om Shanti, Shanti, Shanti Om
Arif Irmawan

2.3    Kepemilikan dan Lokasi KPP Pratama Denpasar Timur
KPP Pratama Denpasar Timur merupakan Kantor Kepemerintahan resmi yang dimiliki oleh pemerintah cabang di Bali yang terletak di Jln. Kapten Tantular No. 4 Renon Denpasar. KPP Pratama Denpasa Timur memiliki 70 orang pegawai yakni sebaagai berikut:
    Kepala kantor            : 1    orang
    Kasubag/Kasi (kepala seksi)    : 10    orang
    Account Representative (AR)    : 20    orang
    Pemeriksa Pajak            : 15    orang
    Penilai PBB            : 1    orang
    Pelaksana                : 32    orang

2.4    Fasilitas yang dimiliki KPP Pratama Denpasar Timur
Sebagaimana perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan terhadap masyarakat, KPP Pratama Denpasar Timur dirancang dengan tata ruang dan sarana Gedung yang di harapkan mampu mendukung pengembangan sistem dan prosedur yang terintegrasi, sehingga memberikan kenyamanan bagi Wajib Pajak maupun pegawai sebagai berikut :
1.    TPT(Tempat Pelayanan Terpadu), tempat bagi para WP(Wajib Pajak) mendaftar atau membayar pajak tahunan atau bulanan mereka, TPT memiliki 5 loket yang terdaapat 5 computer yang sudah terkoneksi.
2.    PELAYANAN, tempat dimana data-data wajib pajak yang sudah diinputkan di TPT akan diolah lagi ke pelayanan untuk direkam menggunakan program SIPMOOD, dan memiliki 6 buah unit komputer.
3.    PDI(Pengolahan Data dan Informasi), bertugas melakukan pengumpulan dan perekaman SPT(Surat Pajak Tahunan) wajib pajak OP atau badan yang sudah direkam di bagian Pelayanan, yang dilengkapi denga n 12 unit komputer dan 1 unit mesin foto copy.
4.    EXSTENTIFIKASI, tempat dimana data WP(Wajib Pajak) diolah, luas bangunan dan lokasi WP dicek lalu direkam kembali. Serta mengolah data dari Pelayanan berupa jumalah yang terkena pajak yang harus dibayar oleh pemilik WP.
5.    PENAGIHAN, tempat dimana WP bisa berkonsultasi dengan AR/pegawai pajak yang mngurusi WP bila ada kesalahan pembayaran dan data WP yang kurang lengkap atau tidak sesuai.
6.    SECRETARY, bertugas untuk mengirim surat-surat yang masuk ke bagian yang dituju.
7.    SUB BAGIAN UMUM, tempat dimana adanya penyediaan fasilitas-fasilitas kantor serta tempat pencatatan absensi pegawai..
8.    BENDAHARA, tempat keluar masuknya keuangan kantor yang di lengkapi dengan 2 unit komputer.
9.    WASKON(Pengawasan dan Konsultasi),
1.    Waskon 1, dilengkapi dengan 6 unit komputer dan 2 buah printer.
2.    Waskon 2, dilengkapi dengan 10 unit komputer dan 2 buah printer.
3.    Waskon 3, dilengkapi dengan 7 unit komputer dan 2 buah printer
4.    Waskon 4 dilengkapi dengan 8 unit komputer dan 2 buah printer
10.     PEMERIKSAAN, dilengkapi dengan 7 unit komputer dan 2 printer.




2.5    Tugas dan Tanggung Jawab masing-masing Jabatan
Fungsi masing-masing seksi / sub.bag. umum pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur :
1.    Sub Bagian Umum
Melakukan urusan kepegawaian, keuangan, tata usaha dan rumah tangga.
2.    Seksi Penngolahan Data dan Informasi
Melakukan pengumpulan, pencarian dan pengolahan data, pengamatan potensi perpajakan, penyajian informasi perpajakan, perekaman dokumen perpjakan, pelayanan dukungan teknis computer, pemantauan aplikasi e-SPT dan e-Filling, serta penyiapan laporan kinerja.
3.    Seksi Pelayanan
Melakukan penetapan dan penerbitan produk hukum perpajakan, pengadministrasian dokumen dan berkas perpajakan, penerimaan dan pengolahan Surat Pemberitahuan, serta penerimaan surat lainnya, penyuluhan perpajakan, pelaksanaan regristrasi Wajib Pajak, pelaksanaan ekstentifikasi, serta melakukan kerjasama perpajakan.
4.    Seksi Pengawasan dan Konsultasi (WASKON)
Melakukan pengawasan kepatulan WP, bimbingan / himbauan kepada WP dan konsultasi teknis perpajakan bagi WP, penyuluhan profil WP, analisis kinerja WP, melakukan rekonsiliasi data WP dalam rangka melakukan intentifikasi, serta melakukan evaluasi hasil banding.
5.    Seksi Pemeriksaan
Menyusun rencana pemeriksaan, pengawasan pelaksana aturan pemeriksaan, menerbitkan dan menyalurkan Surat Perintah Pemeriksaan Pajak, serta administrasi pemeriksaan dan penyidikan lainnya
6.    Seksi Penagihan
Melakukan urusan penatausahaan piutang pajak, penundaan dan angsuran tunggakan pajak, penagihan aktif, usulan penghapusan piutang pajak, serta penyimpanan dokumen-dokumen penagihan.
7.    Seksi Exstentifikasi
Melakukan kegiatan exstensifikasi wajib pajak yakni meningkatkan jumlah wajib pajak dengan menerbitkan surat himbauan NPWP, pendataan objek pajak dan subjek pajak, penilaian objek pajak dan pengumpulan data potensi pajak, penelitian dan pengesahan SSB.
8.    Kelompok Jabatan Fungsional
Melakukan pemeriksaan pajak, yang meliputi:
a.    Pemeriksaan Lengkap
b.    Pemeriksaan Sederhana
c.    Pemeriksaan dalam rangka penagihan




2.6    Visi dan Misi KPP Pratama Denpasar Timur
1.    Visi    : Menjadi institusi pemerintahan yang menyelenggarakan sistem administrasi perpajakan modern yang  efektif, efisien, dan di percaya masyarakat dengan integritas dan profesionalisme yang tinggi.
2.    Misi    : Menghimpun penerimaan pajak negara berdasarkan Undang-Undang Perpajakan yang mampu mewujudkan kemandirian pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Melalui sistem administrasi perpjakan yang efektif dan efisien.


2.7    Nilai-Nilai Kementrian Keuangan
1.    INTEGRITAS : Berpikir, berkata dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral.
2.    PROFESIONALISME : Bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi.
3.    SINERGI : Membangun dan memastikan hubungan kerjasama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas.
4.    PELAYANAN : Memberikan layanan yang memenuhi kepuasan pemangku kepentingan yang dilakukan dengan sepenuh hati, transparan, cepat, akurat dan aman.
5.    KESEMPURNAN : Senantiasa melakukan upaya perbaikan disegala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik.

2.8    Struktur Organisasi KPP Pratama Denpasar Timur
   


                   
















BAB III
PEMBAHASAN

3.1    Tugas dan Tanggung Jawab Pelaksanaan Prakerin
Selama 4 bulan lamanya penulis mengikuti praktek kerja industri, adapun tugas-tugas dan tanggung jawab penulis selama PRAKERIN adalah sebagai berikut :
1.    Menjaga kebersihan ruangan
2.    Mengerjakan hal-hal yang diperintahkan training menager, yakni
a.    Di Pelayanan
    Mengiinputkan data WP yang baru mendaftar sebagai WP (wajib pajak) dengan menggunakan Ms. Excel.
    Menyortir SPT (Setoran Wajib Pajak) tahunan Pph pasal 21,pasal 25 OP atau badan, dan PPN.
    Merekam (Menginputkan data OP yang memiliki penghasilan diatas 1jt/bulan) dengan menggunakan program SIPMOOD yang terkoneksi dengan internet
    Menulis data-data WP OP (orang pribadi) atau badan perusahaan ke dalam induk berkas.
    Membuat rekapan data alamat WP menggunakan Ms. Excel yang akan dikirimkan kepada masing-masing WP.
    Mencari WP yang belum melunasi pajak dari tahun 1995-2010.
b.    Di PDI (Pengolahan Data & Informasi)
    Menginputkan data STTS (Surat Tanda Terima Setoran) WP tiap kecamatan dengan menggunakan fasilitas SIPMOOD
c.    Di Pemeriksaan
    Menuliskan perihal surat masuk di buku khusus surat masuk
d.    Di Exstentifikasi
    Menulis surat tunggakan WP yang nantinya akan di kirim ke WP itu sendiri
e.    Di Penagihan
    Memasukan berkas ke pembukuan Seksi Penagihan seperti SP (Surat Paksa), SSP (Surat Setoran Pajak) dan  STP (Surat Tagihan Pajak).
    Menginput data STP ke Ms. Excel
3.    Mengikuti semua ketentuan-ketentuan atau peraturan-peraturan yang di berikan perusahaan.
4.    Menyelesaikan semua tugas-tugas yang diberikan oleh senior dengan kemampuan yang dimiliki penulis serta tepat pada waktu yang di tetapkan.

3.2    Pembagian Jadwal Praktek Kerja KPP Pratama Denpasar Timur
            Penulis melakukan praktek kerja industri selama 4 bulan yang dimulai Tgl. 22 November 2011 – 25 February 2012. Adapun jadwal kerja yang penulis ikuti selama PRAKERIN dan sudah ditetapkan bagi seluruh karyawan ataupun trainee yakni sebagai berikut :
   
No    Hari    Jam/Waktu    Keterangan
1    Senin    08.00 - 17.00 wita    Tugas Prakerin Pagi
2    Selasa    08.00 - 17.00 wita    Tugas Prakerin Pagi
3    Rabu     08.00 - 17.00 wita    Tugas Prakerin Pagi
4    Kamis    08.00 - 17.00 wita    Tugas Prakerin Pagi
5    Jumat    08.00 - 17.00 wita    Tugas Prakerin Pagi
6    Sabtu    Libur (off)    Libur (off)
7    Minggu    Libur (off)    Libur (off)




3.3    Kendala dan Keberhasilan yang ditemui selama Prakerin
    Kendala yang ditemui selama prakerin :
•    Penyesuaian diri pada lingkungan sebab, pemindahan siswa traniee tiap 2 minggu sekali pada tiap seksi bagian.
•    Penyelesaian segala tugas-tugas dengan baik dan tepat waktu, karena banyaknya file – f ile wajib pajak yang harus di rekap ulang, direkam dan akan dikirim sedangkan waktu yang diberikan dengan banyaknya tugas-tugas yang harus diselesaikan sangatlah tidak seimbang.
•    Mengatasi kesalahan peng-inputan data selama melakukan perekaman data menggunakan SIPMOD (system administrasi modern) seperti : kesalahan peng-inputan NPWP,  jumlah gaji wajib pajak, ataupun Pph terhutang wajib pajak yang akan dicetak yang sudah masuk ke dalam register sehingga tidak akan ditemukan kecocokan data yang sesungguhnya.
Keberhasilan yang ditemui selama prakerin :
•    Memperoleh teman-teman senior baru yang lebih banyak berpengalaman di bidang perpajakan dan dunia pemerintahan.
•    Memiliki kemampuan baru atau tambahan ilmu dari tempat PRAKERIN sehengga dapat berguna bagi masa depan penulis serta wawasan penulis.
•    Terbiasa untuk berdisiplin waktu, jujur, sopan, rapi dan hormat pada atasan sebagai pemimpin.
•    Mampu manangani dan mengenal kesalahan-kesalahan kecil yang penulis tidak tahu bagaimana cara untuk menanganinya setelah diajarkan oleh senior selama PRAKERIN.
•    Mampu menuntaskan dari awal cara menyelesaikan banyak tugas-tugas (file-file) yang diberikan senior untuk direkam, dicetak, dan disortir menurut kelasnya.
•    Mampu menguasai sedikitnya aplikasi program SIPMOD yang mampu membantu mempercepat penulis dalam mengentri data wajib pajak agar teregister dengan tepat dan cepat.












BAB IV
PENUTUP

4.1    Kesimpulan
Adapun uraian pembahasan mengenai on the job training yang telah dibahas pada bab sebelumnya maka dapat diambil beberapa kesimpulan :
    Perbedaan praktik dan teori di sekolah yang penulis dapatkan sangat berbeda dengan dunia training. Karena penulis ingin mendapatkan suasana baru dalam pembelajaran di tempat training.
    Penguasaan aplikasi SIPMOD (Sistem Informasi Pajak Modern) sangat cepat karena sudah terkoneksi dengan media internet, sangat mempermudan pelayanan dan pengawasan terhadap Wajib Pajak (WP) serta meningkatkan produktifitas aparat, kantor ini didukung sepenuhnya oleh sistem administrasi yang berbasis computer. Dimana dalam sistem ini diterapkan Case Management (Manajement Kasus) dan Workflow System (Alur Kerja) sehingga memungkinkan setiap proses kegiatan akan terukur dan terkontrol. Data yang disajikan pun lebih valid dan aksesnya pun lebih cepat dan mudah oleh seluruh pegawai KPP Pratama Denpasar Timur sehingga meningkatkan efektifitas kerja dan keutuhan data.




4.2    Saran-saran Untuk Industri
•    Sebaiknya industri menyertakan banyaknya tugas-tugas yang diberikan dengan waktu yang tersedia, sehingga penulis tidak terburu-buru dalam bekerja.
•    Hendaknya kenyamanan selama Praktek di Industri terasa nyaman bila pegawaai dapat menghormati siswa training yang kemampuannya jauh dari pegawai yang sudan berpengalaman dan tidak berkata yang bukan-bukan mengenai kelakuan siswa training.
•    Hendaknya pegawai di Industri dapat memberikan contoh yang baik bagi para siswa training dan tidak hanya menyalahkan siswa training, melainkan menyadari kedisiplinan pegawai di Industri perlu diperhatikan lebih ketat lagi.
Demikianlah kesimpulan dan saran-saran yang dapat penulis uraikan, semoga laporan praktik kerja industri (prakerin) ini tidak hanya bermanfaat bagi penulis, melainkan dapat bermanfaat bagi banyak pihak yang membacanya, atas perhatiannya terima kasih.
   







:




   







   












:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar