Laman

Kamis, 22 Desember 2011

PLN Nobatkan Lembongan sebagai Pulau Listrik Prabayar
Semarapura (Bali Post) -

PLN distribusi Bali menobatkan Pulau Nusa Lembongan sebagai pulau listrik prabayar. Pulau yang mengembangkan sektor pariwisata ini menjadi satu-satunya pulau yang hampir 100 persen penduduknya menggunakan listrik prabayar.

Penobatan tersebut digelar di Balai Desa Jungut Batu, Rabu (21/12) kemarin, disaksikan oleh Wakil Bupati Klungkung, Direktur Operasional PLN Jawa Bali, General Manager PT PLN Distribusi Bali beserta jajarannya, para pemuka desa, masyarakat sekitar dan tamu undangan lainnya.

Direktur Operasional PLN Jawa Bali Ngurah Adnyana menyatakan, Lembongan merupakan salah satu dari tiga pulau di Kabupaten Klungkung dan di bawah wilayah kerja PT PLN (Persero) Distribusi Bali Rayon Klungkung yang diresmikan sebagai Pulau Listrik Prabayar. PLN di Indonesia telah banyak meresmikan pulau listrik prabayar, namun di Bali Pulau Nusa Lembongan merupakan kali pertama.

''Dengan masuknya Nusa Lembongan sebagai pulau listrik prabayar, pengguna listrik prabayar di Indonesia saat ini telah mencapai 3,7 juta pelanggan atau menempati peringkat kedua di dunia setelah Afrika Selatan dengan angka 4 juta pelanggan yang menggunakan listrik prabayar,'' ungkapnya.

Menurutya, beban puncak di Pulau Nusa Lembongan hanya 5 Mega Watt jadi tidak akan mengganggu kelistrikan Bali. Di pulau ini sendiri terdapat banyak vila dan hotel yang memerlukan banyak pasokan listrik setiap harinya untuk menunjang industri pariwisata. Hingga akhir November 2011 tercatat sebesar 2.105 pelanggan listrik. Sedangkan daya yang terpasang di pulau ini sebesar 3.110.800 VA dengan kWh jual sebesar 158.660 kWh dengan total penjualan Rp 170.112.748.

Sementara itu, Wakil Bupati Klungkung Tjokorda Gde Agung dalam sambutannya menyatakan sangat mendukung upaya PLN dalam memenuhi kebutuhan akan listrik di Klungkung, khususnya di Pulau Nusa Lembonga dan sekitarnya.

''Layanan listrik prabayar yang dicanangkan di Klungkung, sebagai wujud kepedulian PLN memajukan daerah, kami sangat menyambut baik usaha itu,'' katanya mewakili Bupati Klungkung yang berhalangan hadir.

Kegiatan tersebut juga diselingi dengan penyerahan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu kepada PT PLN (Persero) Distribusi Bali Area Bali Timur dan penyerahan voucher listrik prabayar kepada sejumlah pemuka desa di Pulau Nusa Lembongan. (par/*)

[ Kembali ]
•     Penanganan Kemiskinan Agenda Urgen 2012
•     Dewan Temukan Balai Banjar di Dalam Pasar
•     Ketahanan Jembatan Tukad Unda Diusulkan Dicek
•     Dana Bedah Rumah Dipangkas
•     Guru Malas akan Dipensiun Dini
•     Jero Susila Diusulkan Di-PAW
•     Di Tabanan 48 Koperasi Bangkrut, Satu KUD Dilelang
•     Ngaku Salah, Calo CPNS Diamankan
•     Mohon Keselamatan Jagat Digelar Upacara Bumi Sudha di Pura Watu Klotok
•     Sekeluarga Menderita Cacat Mental,Tinggal di Rumah Reyot
•     PLN Nobatkan Lembongan sebagai Pulau Listrik Prabayar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar